Mengatasi Memori Tablet Yang Selalu Penuh

JOURNALGOTEKNO: Adalah hal yang paling menjengkelkan memori tablet anda selalu penuh padahal aplikasinya sedikit. Apa masalah ini, berikut solusi yang bisa diterapkan.

Terlalu banyak cache 

Memori HP Android penuh tersebut bisa saja terjadi karena terlalu banyak cache tidak berguna yang tersimpan di Tablet.Cara terbaik untuk memperbanyak sisa memori internal di HP Android adalah dengan menghapus cache tidak penting yang biasanya tersimpan

Caranya: Ke menu Setting > Apps > All Apps lalu hapus satu persatu, untuk lebih menghemat waktu menghapus cache juga bisa dilakukan sekaligus dengan cara dengan aplikasi yang dapat di download di play store.

1. Buka menu atau aplikasi Settings pada smartphone
2. Pilih Apps atau App Manager
3. Cari aplikasi yang ingin dihapus cache datanya
4. Masuk dalam halaman App Info, pilih menu Storage dan langsung memilih tombol Clear Cache 



Pindahkan penyimpanan ke eksternal

Buka pengaturan (setting), lalu pilih Apl (Apps). Di sana akan terlihat semua aplikasi yang diunduh di smartphone Anda. Klik salah satu aplikasi. Maka akan terlihat data dari aplikasi tersebut. Kemudian klik tulisan move to SD card atau pindahkan ke kartu SD. Dan apikasi Anda sudah berpindah. Lakukan pada beberapa aplikasi yang lainnya.

1. Buka pengaturan/settin
2. Pilih menu Apps atau manager aplikasi
3. Akan muncul daftar aplikasi terinstal, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu tap atau kean satu kali untuk menuju halaman informasi.



Gunakan memori eksternal

Video dan foto merupakan hal yang paling banyak memakan memori. Untuk itu, selalu gunakan memori eksternal untuk menyimpan hasil jepretan Anda. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan memori internal. Juga sebaiknya melakukan transfer data smartphone pada komputer/laptop setiap sebulan sekali. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hapus folder Thumbnail

Lakukan pengecekan rutin pada folder DCIM atau folder penyimpanan foto. Di sana ada sebuah folder yang dimaksudkan untuk membuat salinan dari foto dan video yang pernah Anda buka. Folder ini tidak berguna sama sekali. Anda bisa menghapusnya secara berkala. 

Uninstall aplikasi bawaan pabrik

Biasanya smartphone dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan pabrik. Anda mungkin tidak memerlukan beberapa aplikasi tersebut. Sebaiknya dihapus saja, agar menambah memori smartphone Anda. Gunakan aplikasi yang memang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari 

1. Pilih menu atau aplikasi Settings
2. Pada halaman Settings, pilih menu Advanced Settings
3. Selanjutnya, pilih menu Backup & Reset
4. Pada halaman ini, pilih Factory Data Reset
5. Nantinya akan dimunculkan bahwa semua akun, konfigurasi, aplikasi, dan semua data di memori internal akan dihapus
6. Tekan tombol Reset Phone
7. Masukkan kode dan tekan OK
8. Terakhir, smartphone akan melakukan reset ulang dan tunggu hingga proses selesai
9. Bila telah selesai maka akan dihadapkan pada tampilan smartphone seperti ketika baru dibeli.