Lima Cara Hemat Kouta Internet yang Bisa Anda Coba

hematkuotainternet.com

JURNALGOTEKNO: Menggunakan smartphone memang mengasikan dan terkadang sampai memuat lupa waktu, dengan berbagai aplikasi yang dapat diunduh secara gratis membuat pengguna betah. Namun tentunya semua itu memerlukan biaya paket data, lalu adakah caranya untuk berhemat kuota internet saat menggunakan smartphone, berikut ada beberapa tips yang bisa membantu anda dalam menghemat kuota data saat menggunakan smartphone.
1.   Matikan fitur auto
Smartphone dengan sistem operasi Android, iOS, dan platform smartphone lainnya selalu dilengkapi fitur auto-update untuk aplikasi. Matikan fitur tersebut dan lakukan update aplikasi saat terhubung dengan WiFi saja, caranya dengan menonaktifkan melalui setting di dalam aplikasi Google Play.
Begitu juga untuk auto-update aplikasi, mematikan fitur auto-download pada aplikasi seperti WhatsApp. Men-download gambar, pesan suara, maupun video pada WhatsApp tidak menghabiskan banyak kuota Internet. Tapi  jika memiliki banyak grup WhatsApp dan sering mendownload gambar atau video serta suara akan banyak menghabiskan kuota.
2.   Gunakan aplikasi pemantau kuota Internet
Seluruh smartphone Android dengan OS 4.0 ke atas sudah dilengkapi dengan fitur pemantau dan pembatas kuota Internet di dalam menu data usage di menu settings. Anda bisa menggunakannya untuk memantau dan membatasi penggunaan Internet bulanan Anda.
Namun Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti 3G Watchdog. Aplikasi tersebut memiliki fungsi serupa, yakni untuk memantau dan membatasi pemakaian kuota Internet secara real-time yang terus ter-update setiap detiknya. Anda pun bisa mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan kuota Internet.
3.      Gunakan browser hemat kuota internet
Aplikasi browser memengaruhi pemakaian kuota Internet, Gunakanlah aplikasi browser dengan fitur khusus hemat pkuota Internet, misalnya,  Opera Max, Opera Mini, Onavo Extend (milik Facebook), Opera Browser, dan Google Chrome
4, Nonton YouTube offline.
Jika Anda suka menonton video YouTube berulang-ulang, sebaiknya menggunakan mode offline karena  mode ini membuat video seolah tersimpan di dalam smartphone Anda. Jika ini anda lakukan maka setiap kali hendak menonton video tersebut di YouTube, Anda tak lagi memerlukan buffer. Anda bisa menontonnya meski tak memiliki koneksi Internet.
5 Gunakan Wifi gratis
Ini adalah cara terakhir untuk menghemat kuota, gunakanlah fasilitas WiFi milik publik, seperti WiFi kantor, WiFi restoran, atau WiFi supermarket, saat ini hampir semua pasilitas umum mempunyai Wifi gratis, terutama cafe-cafe. (dbs)


Back To Top