Drone Xiaomi seharga Rp1 jutaan, Bikin Pusing Pesaing



​JURNALGOTEKNO-Xiaomi kian mengembangkan sayapnya, perusahaan  teknologi asal Tiongkok ini memperluas jajaran produknya saat ini Xiaomi sedang menyiapkan pesawat tanpa awak alias drone ukuran kecil.

AndroidHeadlines (11/5/2016), mengutip pernyataan CEO Xiaomi Lei Jun bahwa Xiaomi Drone akan diluncurkan pada akhir bulan ini. Namun tidak ada informasi detail soal spesifikasi drone yang kemungkinan akan dinamai Mi Drone ini.

Informasinya,  Xiaomi Drone mengusung desain empat baling-baling dengan kamera melekat di bangian tengah. Drone ini juga bisa terhubung dan dikendalikan dengan gelang pintar Mi Band 2. Desas-desus, drone dibuat perusahaan lain. Xiaomi diperkirakan hanya mengurusi pemasaran dan penjualan. Harga jualnya diperkirakan sekitar USD100 (Rp1,3 juta).

Keputusan Xiaomi membuat drone ini mengusik perusahaan rival, salah satunya adalah DJI. Produsen drone Phantom asal Tiongkok ini merupakan penguasa pasar pesawat kecil tanpa awak.

Tapi drone buatan DJI ditujukan pada segmen pasar premium dengan harga jual mulai USD1.000 atau Rp13,5 juta untuk model terbaru. Drone Phantom memang tergolong canggih karena memiliki kamera putar sehingga lebih luasa membidik objek.

Sementara Xiaomi kini punya pengaruh cukup kuat di pasar Tiongkok sejak meluncurkan ponsel perdananya pada Agustus 2011. Menurut data IDC, Xiaomi sempat menduduki posisi lima besar produsen ponsel di dunia.  (Wien Godank)


 
Back To Top