Seandainya Takengon Raih Piala Adipura, Apa Untungnya?

Bukan rahasia lagi, piala Adipura merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi di tanah air terkait kebersihan dan kenyamanan lingkungan sebuah kota. 

Piala Adipura juga merupakan sebuah indikator sejauhmana pemerintah dan penduduk sebuah kota menjaga lingkungannya tetap bersih, asri, aman dan nyaman.

Tidak mengherankan jika banyak pemerintah daerah menghabiskan banyak dana guna meraih predikat paling bergengsi tersebut, termasuk Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang sejak lama telah berupaya membawa pulang piala Adipura untuk pertama kalinya.

Pertanyaan yang muncul sekarang, seandainya kota Takengon tahun ini berhasil menyabet piala Adipura, apa untungnya? Apakah hanya sekedar simbol prestise karena nama kota Takengon menggema di seluruh Nusantara?

Ternyata ada manfaat lain apabila kota Takengon berhasil mewujudkan impiannya. Kepala Bapedal Aceh, Iskandar mengatakan pemerintahan Jokowi telah meluncurkan Reorientasi Piala Adipura.

"Pemerintahan Jokowi menyediakan pendanaan serta membantu kebijakan fiskal bagi kota peraih Adipura," ujar Iskandar di Takengon saat menghadiri Launching Adipura Kota Takengon, kamis, 11 Februari 2016.

Akan tetapi Iskandar tidak memberikan penjelasan rinci bentuk dan besarnya nominal keuangan dimaksud. Pun demikian, Reorientasi Piala Adipura oleh Pemerintahan Jokowi cukup untuk memotivasi segenap jajaran pemerintahan dan masyarakat di Dataran Tinggi Gayo menjadikan Takengon sebagai kota yang nyaman, asri dan layak huni (likeable).(rel)‎
Back To Top