Skip to main content

Edukasi Isu Lingkungan Kepada Masyarakat Adalah Salah Satu Tanggung Jawab Media


​Banda Aceh-
Peran media sangat penting dalam edukasi kesadaran menjaga lingkungan kepada masyarakat, hal tersebut dikatakan Rizkie Mulyadi, Comunication Program USAID Lestari,  dalam  Training Jurnalis Lestari Lanskap Lueser yang diadakan pada tanggal 26-28 di hotel The Pade di Banda Aceh.  Sebagai narasumber pada sesi materi Jurnalisme Lingkungan mengatakan jurnalisme lingkungan pada dasarnya adalah untuk mendorong partisipasi publik untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan menyampaikan informasi dan sudut pandang  terhadap kelestarian  lingkungan.

Media mempunyai tanggung jawab terhadap memberikan sudut pandang kepada masyarakat untuk lebih peduli dan aktif terhadap kelestarian lingkungan.  Peran media dalam memberikan informasi terhadap informasi-informasi seputar lingkungan sekitar masyarakat sekitar selain itu media juga berberpan  dalam advokasi  lingkungan.  Peran jurnalisme dalam kegiatan advokasi dan kampanye diarahkan agar publik mendapatkan manfaat berupa, sosial benefit, intelectual benetif dan practical benetif.

Rizkie yang juga mantan wartawan radio ini, juga menambahkan  tujuan program Lestari adalah mendorong lahirnya comunity champion melalui serangkaian kegiatan komunikasi dan kampanye serta advokasi. " Misalnya dengan adanya dana desa saat ini, kita sedikit sekali mendengar program-program kelestarian lingkungan dalam program-program dalam pengelolaan dana desa"ujarnya. Proses edukasi yang dilakukan media  dalam jurnalisme lingkungan mempunyai peran penting dalam program pelestarian lingkungan, tambah Rizkie.

Sementara itu, Muhammad Nizar Abdurrani yang juga merupakan trainer dalam pelatihan yang diikuti puluhan wartawan dari seluruh Aceh tersebut dalam materinya menjelaskan, media mempunyai kekuatan untuk mendorong tindakan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup." Jurnalistik lingkungan sendiri telah menjadi genre dalam dunia jurnalisme, jurnalistik lingkungan adalah kegiataan pemberitaan, mengumpulkan dan memproses dan menerbitkan informasi lingkungan"ujar pria yang juga mantan wartawan The Globe Journal ini.

"Dalam ada jurnalistik lingkungan ada berbagai isu lingkungan yang bisa diliput oleh media, seperti misalnya, sejarah hutan, satwa, hasil-hasil hutan non kayu, status daerah hutan dan hasil-hasil penelitian tentang hutan atau tentang lingkungan dan lain-lain yang berhubungan dengan lingkungan" Ujar ketua greenjurnalist Aceh ini.

Tantangan bagi jurnalis lingkungan adalah terkadang banyak media yang tidak memberikan space atau memberikan ruang bagi isu lingkungan, dan sinilah dituntut kekreatifan sang jurnalis untuk mengamas liputannya dan melakukan dialog yang bersama dengan redaksi media tersebut"Pilihan lain, sang wartawan dapat membuat blog sendiri, toh saat ini AJI Indonesia telah mengakui blogger selama blogger tersebut bekerja sesuai dengan kode etik jurnalistik"ujar Nizar. Sementara itu, Rizkie mengatakan solusi yang dapat dilakukan terhadap minimnya space tentang isu lingkungan adalah memfaatkan jaringan organisasi lingkungan untuk menerbitkan liputan yang dilakukan oleh jurnalis tentang lingkungan.

Selain media menstream , jurnalisme warga juga sangat penting dalam edukasi lingkungan, penyebaran informasi melalui media jurnalisme warga terkadang lebih efektif, seperti misalnya media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blogspot dan media sosial lainnya," Program Lestari USAID juga melakukan training kepada jurnalisme warga" kata Rizkie menambahkan.

Proyek USAID Lestari mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menurunkan emisi rumah kaca (GRK) melestarikan keanekaragaman hayati di ekosistem hayati di ekosistem hutan dan manggrove yang bernilai secara akan simpanan karbon.  Program ini juga mendorong perbaikan tata gunalahan, tata kelola hutan lindung, perlindungan spesies kunci, praktek sektor swasta dan industry yang berlanjutan serta peningkatan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dalam kegiatan konservasi.  Proyek Lestari Usaid diimplementasikan oleh Tetra Tech bersama konsorsium yang terdiri dari, WWF-Indonesia, Wincork Internasional, Wildlife Conservation Society (WCS), Blue Forest, Yayasan Sahabat Cipta, PT Hydro South Pola Carbon, Sustainable Travel Internasional (STI), Michigan State University dan Field Foundation. Proyek ini berlangsung dari Agustus 2015 hingga Juli 2020.

Program Lestari Usaid dilaksanakan di enam lanskap di tiga pulau terbesar Indonesia, di Sumatera bagian Utara, terdapat di Aceh Selatan, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Aceh Barat Daya termasuk Taman Nasional Leuser dan Suaka Margasatwa Rawa Singkil.  Sementara, di Kalimantan Tengah di lanskap Katingan-Kahayan iyaitu Kabupaten Pulang Pisau, Katingan dan Gunung Mas, Kotamadya Palangkaraya dan Taman Nasional Sebangau dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.  Demikian juga di Papua, terdapat di lanskap Sarmi dan Cyclops, Lanskap Lorentz Lowland yang mencakup Mimika dan Asmat ditambah sebagian dari Taman Nasional Lorenzt, Lanskap Mappi-Bouven Digoel yang terletak di pesisir Papua. Program ini mempunyai kantor pusat di Jakarta dengan kantor cabang di setiap lanskap.(Arsadi Laksamana)


Artikel Terkait

TERPOPULER

Apa itu chip (IC) flash dan RAM?

chip flash merupakan tempat disimpannya software HP. dan RAM adalah tempat yang didalamnya disediakan ruang sebagai memory extra untuk HP dan chip flash untuk meng-extract software dan operating HP tatkala HP sedang bekerja. 99% chip flash dan RAM HP Cina disatukan dalam sebuah chip. Jadi dapat dibayangkan area flash atau area RAM rusak, kita harus menggantikan chip secara total. Mengggunakan berbagai tipe chip fabrikan dengan berbagai nama model, seperti halnya Samsung, Toshiba, Intel, ST dll


Apakah nama/model chip flash HP china penting seperti halnya cpu?
Mestinya. Ia penting seperti halnya cpu sebab jika flash HP Cina bayangkan saja kita tidak tahu chip flash apa yang digunakannya, kita dapat temukan file flash yang bagus untuknya. Sebaliknya dengan file flash yang salah HP akan matot.


Apa ada masalah dengan nama model HP Cina?
Nama model tidaklah merupakan masalah besar untuk HP Cina. Sebab dengan nama yang sama mempunyai sangat banyak HP dengan perbedaan pada pcb, pcb design, cp…

Merawat Smartphone Untuk Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Kehidupan dewasa ini sudah tidak bisa lepas dari Smartphone, ketergantungan orang kepada telepon pintar ini telah demikian tinggi. Namun taukah anda bagaimana merawat sebuah Smartphone agar tetap awet? Berikut rangkuman tips-tips dari yang bisa anda terapkan.

Memakai casing dan antigores

Tips pertama yang harus anda lakukan disaat membeli ponsel adalah secepatnya membeli casing pelindung smartphone atau sering disebut MOTOMO dan juga jangan lupa bagi ponsel anda yang belum memiliki fitur anti gores sebaiknya dipasang anti gores karena hal ini akan menjaga kleutuhan layar ponsel smartphone anda. tak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang tambahan untuk membeli casing dan pelindung layar Setidaknya, kedua pelindung itu dapat membuat smartphone kalian terlindung dari akibat fatal benturan atau goresan yang bisa merusak tampilannya. Casing dan pelindung layar banyak dijual di toko-toko gadget, jadi kalian bisa memilih sesuai dengan biaya yang dimili

Hindari Mode Getar

Mode getar memudahk…

Cara Mengetahui Hp Cina Untuk Internetan

1.hp cina berjaringan EDGE/WIFI
jika kita ingin membeli hp cina usahakan yang sudah berjaringan EDGE/WIFI,kalau perlu bahkan yang sudah 3G/HSDPA. Karena dengan jaringan cepat seperti EDGE maka internetan kita terasa menyenangkan. Sedangkan WIFI hanya alternatif karena tidak semua tempat ada jaringan WIFI. Jangan sampai internetan jadi lelet gara-gara jaringan tak mendukung.

2.memori telepon besar
memori telepon yang besar agak diperlukan jika kita mengakses internet. Bukan hal yang aneh jika hp cina yang harganya murah memori teleponnya sangat kecil,berkisar antara 200 kb sampai 600 kb. Jika kita mengakses internet biasanya akan memakai cache dan cookies. Nah,cache dan cookies ini biasanya menyimpannya ke memori telepon. Jika memori kecil tentu internet akan mental dan berbunyi error,memori penuh.jangan sampai deh.

3.mendukung java midp 2.0
software java diperlukan untuk menginstal dan mengoleksi berbagai aplikasi java semacam opera mini handler. Jika membeli hp cina usahak…