Bagaimana Memilih Smartphone Dengan Kamera Terbaik


​Smartphone adalah salah satu perangkat yang selalu dibawa kemana-mana oleh masyarakat, bahkan bisa dikatakan tidak bisa dipisahkan. Karena fungsi smartphone tersebut sangat banyak, selain fungsi utamanya yaitu dibuat nelpon dan sms, perangkat pintar tersebut juga sangat bisa dimanfaatkan untuk berjelajah didunia maya.

Tapi, akhir-akhir ini Selfie adalah salah satu aktivitas yang ngetrend khusunya dikalangan remaja atau anak sekolah. Seperti yang sudah kita ketahui, media sosial yang selalu menjadi sasaran untuk memperlihatkan hasil selfienya ialah Facebook, Twitter serta Instagram.

Berikut Jurnalgo Tekno memberikan tips-tips untuk memilih Smartphone dengan kamera terbaik.

Lensa Kamera

Bukan hanya sensor kamera saja yang patut untuk diperhatikan, lensa kamera juga tak kalah penting. Hal ini harus kebalikan dari sensor kamera, pasalnya lensa kamera tersebut harus memiliki bukaan yang kecil sehingga cahaya bisa masuk semua dan hasil kamera akan lebih jelas.

Fitur Stabilization

Tips Memilih Kamera Smartphone yang Baik lainya yaitu dengan cara memperhatikan apakah kamera tersebut memiliki fitur Stabilization atau tidak. Perlu untuk anda ketahui bahwa fitur tersebut sangat penting sekali diperhitungkan agar mampu menghasilkan gambat tidak kabur khususnya pada saat merekam video.

Nah, tips terakhir yang perlu untuk anda perhatikan ialah kapasitas memori dan baterai, karena keduanya ini memiliki sifat yang saling mendukung.

Resolusi gambar / megapixel

Setelah sensor gambar, resolusi gambar yang kedua terpenting. Semakin banyak pixel sebuah gambar, semakin banyak detail yang bisa ditangkap kamera. Biasanya, sensor gambar yang berukuran relatif besar, akan memiliki resolusi gambar yang besar juga. Contohnya Sony Experia Z1 memiliki resolusi 20MP, dan Nokia Lumia 1020 memiliki resolusi 41 MP. Semakin sedikit pixelnya, maka detailnya semakin sedikit dan jika dikrop/potong, gambarnya akan pecah.

Manual Exposure Control

Kamera yang memungkinkan kita mengganti setting aperture, shutter speed dan ISO secara manual tentunya lebih menyenangkan dan membuka peluang untuk memotret lebih kreatif. Sebagian kamera ponsel berkualitas rendah hanya bisa mode auto, dan sebagian hanya memungkinkan kita menyetel satu atau dua dari parameter exposure misalnya Sony Experia Z. Yang canggih seperti Nokia 1020 memungkinkan untuk menyetel secara manual ketiga parameter exposure.

Kapasitas Baterai

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan kualitas gambar yang dihasilkan kamera, tapi kapasitas baterai yang besar akan menunjang hobi memotret dengan ponsel. Dengan kapasitas baterai yang besar, maka jumlah foto yang bisa dibuat sebelum kita harus men-charge baterai lagi lebih banyak.

External SD Card

Merekam foto terutama di ponsel yang beresolusi besar (Megapixelnya) tentunya memakan tempat yang cukup banyak. Jika ada slot untuk memory card, kita tidak perlu kuatir tentang memori/storage di kamera penuh. Tinggal masukkan kartu memory eksternal seperti micro-SD untuk menyimpan foto selanjutnya.

Demikian beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ponsel yang memiliki fungsi kamera yang bagus.

(Dari berbagai sumber)

Back To Top