Indonesia Berpeluang Jadi Produsen Kopi Terbesar Di Dunia

Jakarta- Posisi Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Kolombia dan Vietnam masih berpeluang untuk ditingkatkan, setidaknya menggeser Kolombia dan Vietnam.

Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengungkapkan optimisme tersebut saat pembukaan Festival Kampung Kopi dan Kakao ke-2 tahun 2015 di Senayan Jakarta, Sabtu, 7 Nopember 2015.

Mewakili ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Nasaruddin mengatakan peringkat Indonesia sebagai negara penghasil kopi bisa merangkak naik.

"Kita bisa menjadi negara eksportir kopi terbesar di dunia, setidaknya berada di peringkat kedua", ujarnya.

Optimisme ketua bidang pelatihan dan pendidikan Apkasi itu beralasan bahwa sebenarnya Indonesia memenuhi syarat untuk mendongkrak ekspor kopi ke berbagai negara.

"Tidak semua negara punya potensi dan peluang seperti kita. Jika semua daerah dapat mengoptimalkan kuantitas dan kualitas produksi, tidak lama lagi kita bisa menjadi produsen kopi terbesar", ujarnya.

"Apalagi permintaan akan kopi secara global menunjukkan trend meningkat. Adanya Indikasi Geografis (IG) memungkinkan kopi asal Indonesia lebih mudah untuk dipasarkan", imbuhnya. ‎(Humas Aceh Tengah)
Back To Top