Festival Kopi dan Kakao 2015, Semua Serba Gratis

Jakarta- Ingin minum kopi sampai puas dan seratus persen gratis? Festival kampung kopi dan kakao Apkasi 2015 adalah tempatnya. Mengambil tempat di kawasan Parkir Selatan Senayan Jakarta, 31 kabupaten dari 10 provinsi berlomba-lomba menyajikan produk unggulan masing-masing yang didominasi oleh komoditas kopi.

Seperti yang terlihat usai pembukaan festival dimaksud, Sabtu, 8 Nopember 2015, hampir seluruh booth peserta festival seolah-olah berlomba-lomba menyuguhkan aneka makanan dan minuman.

"Silakan dinikmati kopi Robusta dari Sumsel", ujar Surip, Kabid Perkebunan Disbun kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, ada pengunjung yang melintas persis di depan Booth kabupaten spesialis penghasil kopi Robusta tersebut.

Berbeda dengan Aceh Tengah yang fokus pada kopi Arabika, kabupaten Empat Lawang tampaknya lebih mempercayakan kopi jenis Robusta sebagai komoditas andalan.

"Fokus kami memang kopi Robusta. Kami pasarkan hingga Lampung dan Surabaya", imbuh Surip yang didampingi sejumlah petugas Booth yang selalu siaga menawarkan kopi.

Tidak sampai disitu, penganan berupa lempok durian juga turut disuguhkan kepada siapapun yang mengunjungi Booth Empat Lawang.

Di Booth Kabupaten Bandung Anda akan disuguhi dua jenis minuman sekaligus: Teh dan kopi!

Yana Fauzi, seorang penjaga Booth yang saat ini menjabat Ketua Asosiasi Pasar Tani Kabupaten Bandung mengatakan di daerahnya terdapat komoditas hasil pertanian yang layak dijadikan unggulan.

"Termasuk kopi dan teh. Kedepan kita akan tingkatkan kualitas untuk meningkatkan daya saing", sambungnya.

Usai Booth Kabupaten Bandung, pengunjung juga ditawari minuman serupa oleh Booth lain. Namun tentu tidak semua tawaran diterima, meski ada sebagian kopi yang menggoda untuk dicicipi, seperti kopi Enrekang yang ternayata namanya dicaplok oleh kopi Tana Toraja.

Pendek kata, bagi penikmat dan pecandu kopi Festival Kopi dan Kakao 2015 merupakan surga gratis dimana pengunjung bebas menikmati sekaligus membandingkan kopi yang berasal dari berabagai daerah di tanah air.(Humas Aceh Tengah)
Back To Top