Bertemu Kadin Inggris dan Aljazair, Ini Harapan Nasaruddin

Jakarta- Upaya Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin untuk mempromosikan sekaligus memperluas pasar sasaran kopi Arabika asal Dataran Tinggi Gayo tidak main-main.

Buktinya, mantan penyuluh pertanian itu memanfaatkan Festival Kampung Kopi dan Kakao 2015 di Parkir Selatan Senayan Jakarta sebagai ajang untuk mencari mitra asing yang siap memasok kopi Arabika terbaik dari Dataran Tinggi Gayo.

Di hadapan Karen Butterfield, Project Director of Overseas Business Network (OBN) British Chamber of Commerce in Indonesia dan perwakilan Kadin Aljazair, Nasaruddin secara gamblang bercerita banyak tentang kopi Gayo yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan rakyat Gayo yang mendiami kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

"Untuk Aceh Tengah saja kami punya perkebunan kopi seluas 48 ribu hektare, melibatkan 33 ribu KK, dan hasilnya diekspor ke 17 negara tujuan", ujar Nasaruddin didampingi belasan bupati dari berbagai daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, Nasaruddin berharap agar kerja sama Apkasi dengan Kadin Inggris dan Aljazair dapat diwujudkan sesegera mungkin.

"Kami juga membawa pengusaha dan eksportir ke Jakarta", lanjutnya.

Sementara itu Karen Butterfield mengatakan terkesan dengan festival tahunan yang diselenggarakan Apkasi, dan kemungkinan dalam waktu dekat akan ditandatangani kontrak kerja antara pihaknya dengan Apkasi.

"Kami akan undang Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Apkasi ke London, Inggris pada bulan Maret 2016 mendatang sebagai wujud komitmen kami", ujar Karen yang disambut applause dari kepala daerah yang menghadari festival.(Humas Aceh Tengah)
Back To Top