Apkasi Teken MoU Kopi dan Kakao dengan Mitra Asing

Jakarta- Selain untuk mempromosikan produk unggulan daerah, Festival Kampung Kopi dan Kakao Ke-2 tahun 2015 di Senayan Jakarta ternyata memiliki tujuan lain yang tidak kalah penting: Mencari mitra kerja untuk memperluas pasar sasaran (target market) terutama di luar negeri.

Komitmen kemitraan tersebut mencuat saat Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mewakili ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menandatangani komitmen kerja sama dengan Kadin Inggris (British Embassy) dan Kadin Aljazair usai menyampaikan sambutan.

Komitmen kerja sama tersebut berupa penandatanganan MoU antara Apkasi dengan Kadin dari dua negara, Inggris dan Aljazair, dimana MoU tersebut berisi sejumlah kemungkinan dijajakinya hubungan dagang antara Apkasi dengan pengusaha dari kedua negara.

Saat dicecar wartawan seputar MoU dimaksud, Nasaruddin tidak memberi jawaban secara detail.

"MoU tersebut secara umum berisi penjajakan dan kemungkinan hubungan kemitraan antara Apkasi dengan Kadin Inggris dan Aljazair", ujar Nasaruddin sambil mengitari lokasi pameran, Sabtu, 7 Nopember 2015.

Menurutnya, ajang tahunan tersebut harus dijadikan sebagai momen untuk mempromosikan dan memperluas produk unggulan daerah.

"Termasuk kopi dan kakao, kita punya potensi yang tidak dimiliki negara lain", demikian Nasaruddin.

Seperti telah diberitakan, Festival Kampung Kopi dan Kakao tahun ini direncanakan berakhir besok hari Minggu, 8 Nopember 2015. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 31 kabupaten dari 10 provinsi dengan kopi dan kakao sebagai produk unggulan. ‎(Humas Aceh Tengah)
Back To Top