Skip to main content

Tips sebelum membeli HP China


BANDINGKAN HARGA
bandingkan harga dari dealer handphone satu dengan handphone yang lainya, karena kita sebagai pembeli pasti ingin mendapatkan harga dan kualitas yang terbaik.

TANYA PADA END USER
tanya pada teman, saudara tentang bagaimana kesan dan pesan mereka memakai hanphone china merk xxx, banyak problem ataukah lancar lancar sajah.

CEK KEABSAHAN HANDPHONE
Yang dimaksud adalah apakah handphone yang kita beli sudah terdaftar di Ditjen Postel. Karena bila tidak, itu merupakan handphone gelap (hitam, coklat, biru donker, hehehe), maksutnya black market. Caranya dengan mencari stiker bertuliskan Ditjen Postel di kardus atau di hape itu sendiri. Untuk lebih pastinya cek juga di situs Ditjen Postel : http://www.postel.go.id/

PASTIKAN SERVICE CENTER
Sebelum membeli pastikan hape tersebut memiliki service center. Pastikan lokasi service center tersebut benar-benar untuk servis hape, bukan untuk menerima hape rusak lalu servisnya di tempat lain. Ada baiknya kita telpon atau datangi lokasinya untuk memastikan.

PERHATIKAN GARANSI HP
Perhatikan garansi dari hape. Pastikan kamu mendapat garansi minimal selama 1 tahun. Dan pastikan juga garansi tersebut asli bukan asli-aslian. Jangan mau beli handphone baru dikasih garansi seminggu.

CEK KELENGKAPAN ASESORIS
Yang satu ini jangan sampai kelupaan. Cek perlengkapan hape mulai dari charger, kabel data, headset, CD PC suite hingga kartu memori external. Masak beli handphone cuman dapat aksesories tanpa handphone. Atau beli handphone ndak dapet charger. Kekekeke…..

PERIKSA BUKU MANUAL
Menurut Ditjen Postel, hape yang beredar di Indonesia harus disertakan buku panduan berbahasa Indonesia. Perhatikan juga isi buku panduan tersebut. Beberapa buku panduan haya menjelaskan fitur-fitur yang ada pada hape tanpa menjelaskan langkah-langkah menggunakan fitur yang tersedia pada ponsel.

PERHATIKAN BAHASA HP
Ini juga menurut Ditjen Postel (bukan pakdhe saya), hape yang beredar di Indonesia juga harus memiliki bahasa Indonesia di salah satu bahasanya. Standarnya emang seperti itu. Ndak hanya handphone Cina, tapi juga merk lain seperti Nokia.

COCOKKAN SPESIFIKASI
Jangan ragu untuk mencocokkan spesifikasi yang ada di kardus hape atau di brosur dengan hapenya. Karena beberapa hape cina tidak sesuai dengan spesifikasinya. Misalnya di kardus dan di hape tertulis kamera berkekuatan 2 megapiksel tapi kenyataanya hanya bisa menghasilkan foto kerkualitas VGA. Capek dee…! Atau bilang berbluetooth tapi nyatanya ndak ada.

PERHATIKAN BODI HANDPHONE CHINA
Lihat konstruksi bodinya rapi atau ndak. Handphone Cina memiliki tingkat kualitas yang biasa disebut KW. KW1 lebih bagus ketimbang KW2 dan seterusnya. Tapi tidak ada acuan standarnya. Masak ada handphone Cina nulis KW3 di packing atau dosnya. Pasti ngakunya KW1 tapi ndak pernah ada yang menulis tingkat kualitas tersebut. Nah, kalau konstruksinya bagus sudah pasti kita lihat tips selanjutnya di bawah ini.

COBA SEMUA FITURNYA
Ada baiknya sebelum membeli cek semua fitur yang ada. Coba bluetooth, Infra merah, kamera, musik, TV, radio dkk. Cek juga firmware hape tersebut. Kalau semua lancar dan tidak ada kejadian hang serta berjalan cepat alias tidak lemot, dan jangan lupa mencoba memencet tombol keypad satu persatu untuk memastikan bahwa tidak ada tombol yang tidak berfungsi

KETAHUI KODE RAHASIA
Bila hape cina yang kamu beli ada fitur yang butuh kode rahasia, coba cek di buku manual, atau tanyakan ke penjual atau service center. (Sumber: Int)

Artikel Terkait

TERPOPULER

Apa itu chip (IC) flash dan RAM?

chip flash merupakan tempat disimpannya software HP. dan RAM adalah tempat yang didalamnya disediakan ruang sebagai memory extra untuk HP dan chip flash untuk meng-extract software dan operating HP tatkala HP sedang bekerja. 99% chip flash dan RAM HP Cina disatukan dalam sebuah chip. Jadi dapat dibayangkan area flash atau area RAM rusak, kita harus menggantikan chip secara total. Mengggunakan berbagai tipe chip fabrikan dengan berbagai nama model, seperti halnya Samsung, Toshiba, Intel, ST dll


Apakah nama/model chip flash HP china penting seperti halnya cpu?
Mestinya. Ia penting seperti halnya cpu sebab jika flash HP Cina bayangkan saja kita tidak tahu chip flash apa yang digunakannya, kita dapat temukan file flash yang bagus untuknya. Sebaliknya dengan file flash yang salah HP akan matot.


Apa ada masalah dengan nama model HP Cina?
Nama model tidaklah merupakan masalah besar untuk HP Cina. Sebab dengan nama yang sama mempunyai sangat banyak HP dengan perbedaan pada pcb, pcb design, cp…

Merawat Smartphone Untuk Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Kehidupan dewasa ini sudah tidak bisa lepas dari Smartphone, ketergantungan orang kepada telepon pintar ini telah demikian tinggi. Namun taukah anda bagaimana merawat sebuah Smartphone agar tetap awet? Berikut rangkuman tips-tips dari yang bisa anda terapkan.

Memakai casing dan antigores

Tips pertama yang harus anda lakukan disaat membeli ponsel adalah secepatnya membeli casing pelindung smartphone atau sering disebut MOTOMO dan juga jangan lupa bagi ponsel anda yang belum memiliki fitur anti gores sebaiknya dipasang anti gores karena hal ini akan menjaga kleutuhan layar ponsel smartphone anda. tak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang tambahan untuk membeli casing dan pelindung layar Setidaknya, kedua pelindung itu dapat membuat smartphone kalian terlindung dari akibat fatal benturan atau goresan yang bisa merusak tampilannya. Casing dan pelindung layar banyak dijual di toko-toko gadget, jadi kalian bisa memilih sesuai dengan biaya yang dimili

Hindari Mode Getar

Mode getar memudahk…

Cara Mengetahui Hp Cina Untuk Internetan

1.hp cina berjaringan EDGE/WIFI
jika kita ingin membeli hp cina usahakan yang sudah berjaringan EDGE/WIFI,kalau perlu bahkan yang sudah 3G/HSDPA. Karena dengan jaringan cepat seperti EDGE maka internetan kita terasa menyenangkan. Sedangkan WIFI hanya alternatif karena tidak semua tempat ada jaringan WIFI. Jangan sampai internetan jadi lelet gara-gara jaringan tak mendukung.

2.memori telepon besar
memori telepon yang besar agak diperlukan jika kita mengakses internet. Bukan hal yang aneh jika hp cina yang harganya murah memori teleponnya sangat kecil,berkisar antara 200 kb sampai 600 kb. Jika kita mengakses internet biasanya akan memakai cache dan cookies. Nah,cache dan cookies ini biasanya menyimpannya ke memori telepon. Jika memori kecil tentu internet akan mental dan berbunyi error,memori penuh.jangan sampai deh.

3.mendukung java midp 2.0
software java diperlukan untuk menginstal dan mengoleksi berbagai aplikasi java semacam opera mini handler. Jika membeli hp cina usahak…